Kelana Jiwa

afd41b32668037662dac3859b2368c61

Aku membiarkan jiwaku berkelana jauh. Membiarkannya mengunjungi negeri-negeri yang tak terjangkau ragaku agar bisa menemukan dirimu. Sudah berapa lama? Entah lah… Sepertinya sudah lama sekali. Sudah banyak tempat yang aku kunjungi, tapi aku tak pernah menemukanmu. Jiwaku selalu kembali dalam keadaan lusuh dan compang-camping. Kadang penuh luka dan lebam.

Lalu aku mulai berpikir, mungkin kamu memang tak ada. Mungkin kamu memang tak nyata. Mungkin kamu memang hanyalah sebuah abstraksi yang hidup di dalam rongga kepalaku semata. Kamu yang hidup di alam pikiranku adalah kamu yang mengerti betapa rumitnya labirin di dalam rongga kepalaku. Kamu paham bahwa kepalaku seringkali bising dan aku tak jarang tersesat di dalam aliran pikiranku sendiri. Kamu mengerti bahwa aku memiliki dua sisi yang bertolak belakang, dan kamu tak menjadikan itu sebagai sebuah perkara yang harus diselesaikan melalui penyatuan dua sisi. Kamu yang ada di dalam pikiranku adalah kamu yang sempurna.

Jiwaku mencarimu di jalanan Manhattan di kota New York, di tengah taman Hyde Park di London, di balik gedung-gedung opera di Vienna, di lorong-lorong kota tua Vilnius, di sepanjang Carrousel du Louvre di Paris, di depan Jet d’eau di Geneva, di gang-gang sempit Tamil Street di Kathmandu. Tapi kamu tak pernah aku temui. Lalu jiwaku berkelana lagi dan mencarimu di antara surat-surat yang ditulis Frida Kahlo untuk Diego di Mexcio City, di tepian sungai Mekong di Bangkok, Pnom Phenh dan Vientianne, di dalam Batu Cave di Kuala Lumpur, di pasar Quia Po di Manila hingga ke Sao Paolo. Nihil.

Betapa sulitnya menemukanmu. Betapa sulitnya mempertemukan jiwa-jiwa kita. Mungkin kamu memang tak nyata. Mungkin kamu memang hanya abstraksi semata. Lalu kenapa kamu hidup di dalam ronggal pikiranku?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s