Berkalung Lara

e9429db6e116c20d174af23b5ba131b1

Dia berjalan perlahan di antara pecahan kaca yang berserakan. Kaki-kakinya yang telanjang terlihat berdarah namun wajahnya tak menunjukkan ekspresi rasa kesakitan. Bibirnya menyungging senyum kecil yang terasa sedikit dingin. Di pipinya terdapat dua jalur air mata yang mulai mengering. Lehernya terjerat lara, namun dia tetap berjalan tegak dengan dagu terangkat. Semua mata memandangnya, tapi pandangannya tertuju ke depan. Dia sama sekali tak menoleh ataupun bergeming ketika telinganya menangkap bisik-bisik dan cemoohan, bahkan hinaan yang terlontar di sela angin.

“Dia yang telah berhasil melewati neraka dan merajut lara serta memakainya serupa kalung berlian, adalah yang tak seharusnya kamu pertanyakan kekuatannya.” begitulah kata angin kepadaku. Benarkah begitu? Tidakkah itu hanya apa yang terlihat di luarnya saja? Tidak mungkinkah jika jiwanya merapuh dan lelah? Begitu banyak pertanyaan di dalam rongga kepalaku. Ah, mungkin saja dia terlihat begitu kuat karena memang dia tak punya pilihan lain. Mungkin saja sebetulnya dia tak ingin terlihat seperti itu. Siapa yang tahu isi hatinya?

Aku tak bisa memahami, siapa yang sudi memakai rasa sakit sebagai perhiasan diri? Mungkin hanya mereka yang sudah melewati rasa sakit sajalah yang bisa mengerti bagaimana rasanya berkalung lara. Sedangkan aku, membayangkan pun tak sanggup. Dia yang berjalan dengan kaki telanjang yang berdarah, bergaun air mata dan berkalung lara… jika waktu bisa diputar kembali, apakah dia masih sudi menjalani apa yang telah dilewatinya, ataukah dia akan memilih jalan sutra?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s