Aku [Tak] Harus Selalu Kuat!

Malam sudah turun ketika sebaris pesan tertulis di langit. Pesan itu datang dari dalam jiwaku yang lusuh. Cerita hati tentang sebuah perjalanan yang tersendat, bahkan nyaris terhenti. Setiap huruf yang tergores ditulis dengan darah yang menetes dari toreh luka yang menganga. Rasa sakit tak lagi dihindari. Justru dicari sekedar untuk membuktikan bahwa nyawa masih melekat di tubuh yang letih.

Kamu harus selalu kuat!

Begitulah bunyi pesan berwarna semerah darah itu. Aku terpana membacanya. Pesan itu begitu pendek namun terasa sungguh begitu intimidatif . Kenapa aku? Kenapa harus? Kenapa harus selalu? Bagaimana jika aku tak sudi?

Siapa pun yang menulis pesan itu tentu tak peduli dengan apa yang aku rasakan! Semua orang mengeluhkan betapa lelahnya mereka. Semua makhluk menyatakan keinginannya untuk berhenti. Semua orang merasa tak punya daya. Aku? Sama saja! Aku pun seringkali merasa lelah. Aku juga ingin berhenti dan aku juga sering merasa tak punya daya! Lalu kenapa mereka boleh berhenti sementara aku tidak? Kenapa aku harus selalu kuat?

Aku tak harus selalu kuat! Aku tak selalu harus menjadi jangkar yang menahan agar kapal di atasku bisa tetap terapung dan tak hanyut terbawa arus yang terlalu kùat. Aku pun sesekali ingin menggantungkan jiwaku dan tak perlu memikirkan apa-apa.

Tapi sepertinya mimpi tinggal lah angan-angan kosong yang merambat pergi seperti lembayung yang berlalu dari langit senja ketika malam mulai turun. Aku menatap langit malam yang kian gelap. Pesan itu masih tertulis di sana. Bahkan warnanya kian menyala karena langit semakin menghitam…

Kamu harus kuat!

Aku membuang pandanganku ke arah lain. Tidak. Aku tak selalu harus kuat! Persetan dengan semuanya ini!

Advertisements

One thought on “Aku [Tak] Harus Selalu Kuat!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s