Bertanya Pada Angin

Bentangan ilalang menari di tengah padang, mengikuti perintah angin yang berhembus. Aku berdiri di tengah ilalang yang menari dengan jutaan pertanyaan dalam rongga kepalaku. Tanya-tanya tak berjawab yang seharusnya adalah milikmu. Tanya-tanya tak terlontar karena lidahku kelu setiap kali berhadapan denganmu. Tanya-tanya tak bertuan karena kamu memalingkan wajahmu setiap kali aku mulai bertanya.

Angin menari bersama ilalang di sekelilingku. Dia menyelipkan tubuhnya di antara batang-batang ilalang yang ramping, membuat mereka saling bergesekan dan berdesir lembut. Aku menuangkan semua tanya yang tertampung dalam bejana di rongga kepalaku dan membiarkan angin membacanya. Terserah saja dia mau menjawabnya atau tidak, yang penting bejana ini kosong sudah.

“Apakah dia jahat kepadamu?” tiba-tiba angin bertanya padaku. Aku tertegun sejenak, “Aku rasa tidak…” jawabku pelan. “Marahkah kamu padanya?” lagi-lagi angin bertanya lirih di telingaku. Aku menggeleng, “Tidak. Aku tidak marah padanya. Aku hanya sedih dan kecewa. Itu saja.” jawabku lagi. “Jadi, dia tidak jahat kepadamu tapi membuatmu kecewa?” tanya angin seolah ingin menegaskan. Aku mengangguk kecil dengan sedikit¬†bingung. “Jika begitu, maka dia sebenarnya sudah menyakitimu…” sambungnya. Aku tercekat. Tak terpikir sebelumnya olehku.

“Apa yang sudah dilakukannya padamu?” tanya angin lagi sambil terus menari di sela-sela tubuh ilalang. “Dia sangat pandai membuatku merasa tak kelihatan, tak penting dan tak diinginkan…. Meskipun dia mencintaiku.” jawabku lirih. Lalu tiba-tiba angin berhenti menari. Semesta tiba-tiba seoalh membeku. Ilalang berhenti menari. Senyap. “Berjalan lah terus dan berhenti lah menunggu…” ujar angin setelah beberapa saat terdiam.

“Biarkan dia dalam keheningan. Biarkan dia yang mencarimu…. Hentikan penantianmu!” angin berkata sambil mengecup pipiku sebelum akhirnya meninggalkanku sendirian di tengah padang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s