Paradoks Cinta

“Do you know that I love you so much?”

Pertanyaan itu meluncur keluar dari mulutmu. Aku mengangguk kecil. Ya. Aku tahu kamu mencintaiku, tapi pada saat yang sama aku tak tahu apakah kamu masih mencintaiku atau tidak. Mungkin tidak seperti dulu. Mungkin lebih, mungkin kurang, mungkin juga sudah berubah bentuk menjadi jenis cinta yang lain. Yang kamu anggap tak perlu terlalu banyak interaksi. Yang kamu rasa tak perlu terlalu banyak pertemuan. Kamu merentang jarak tanpa sengaja.

“Aku tak bisa terus menerus bersamamu setiap saat…”

Pernyataan itu meluncur keluar dari mulutmu. Aku mengangguk kecil. Ya. Aku tahu kamu punya kesibukan lain. Aku tahu kamu punya prioritas lain yang mungkin jauh lebih penting daripada diriku. Aku lalu membiasakan diri tanpamu. Membiasakan diri tak menanti kabar darimu. Membiasakan diri berteman dengan kesendirian dan kesepian. Lalu aku mulai terjebak dalam perangkap nyaman yang ditebar oleh kesendirian. Kamu membuatku menikmati kesendirian tanpa sengaja. Dan aku mulai menyukainya.

“You are very important to me”

Kata-kata itu keluar dari mulutmu. Aku mengangguk kecil. Ya. Aku tahu kamu menganggapku sebagai bagian penting dari hidupmu, tapi pada saat yang sama aku sering merasa kamu tak menganggapku ada. Terlalu sering. Aku sering merasa dilupakan. Terlalu sering. Lalu aku mulai bertanya-tanya sendiri, yang mana kah aku sebenarnya? Penting atau tidak? Ah, tapi jawabannya memang tak penting karena kamu selalu memberikan jawaban yang sama seolah sudah ada template yang siap dilempar ketika keraguan mulai merangsek masuk ke dalam pikiranku. You are very important to me… – selalu begitu katamu. Dan aku akan selalu mengangguk kecil atas jawaban itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s