Perangkap Hati

Kamu memerangkap hatiku dalam sebuah tabung kaca yang tertutup erat. Memenjarakannya hingga tak bisa berlari bebas. Aku bisa merasakan kamu mengawasiku setiap saat, setiap waktu. Memastikan aku tak ke mana-mana. Mencoba menenangkanku dan mengatakan bahwa ini lah caramu menjaga hatiku yang rapuh dan penuh bilur.

Kamu memerangkap hatiku, tapi hatimu bebas berkeliaran kian kemari. Menyambangi jiwa-jiwa yang lain sambil membawa hatiku dalam tabung kaca yang kamu selipkan di antara bilah jiwamu. Memaksaku melihat dan menyaksikan kamu menyanding jiwa-jiwa lain yang merengek dan bergelayut manja di lenganmu. Aku? Tersembunyi namun bisa dengan leluasa melihat semuanya.

Entah sudah berapa kali aku memintamu melepaskanku dari perangkap hatimu. Namun kamu selalu tersenyum sambil menggeleng dan berkata, “Maaf sayang, aku tak bisa melakukan itu…” Lalu kamu akan mengecupku lewat dinding kaca yang membatasi hatiku dan hatimu. Kamu bukan tak bisa. Kamu tak mau. Benarkah kamu sedang menjaga hatiku? Karena kadang aku merasa sesak dan tercekik. Tenggelam di tengah udara. Benarkah ini caramu mencintaiku? Dengan menempatkan hatiku dalam sebuah tabung kaca yang tertutup rapat. Kenapa tak kamu lemparĀ saja tabung kaca ini ke laut lepas, biar terapung hingga entah ke mana.

Aku menghitung purnama yang terlewati. Sudah berapa banyak? Entah lah, aku pun tak ingat pasti. Hanya satu yang aku tahu, semuanya terasa sudah begitu lama. Dan kian lama, kian terasa sakit. Bukan kah cinta seharusnya tak menyakitkan? Ah, tapi mungkin itu hanya berlaku bagi mereka yang hatinya tak masuk dalam perangkap tabung kaca seperti aku…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s