Melepas Tautan Jiwa

Ketika aku mencintai seseorang, aku menautkan jiwaku padanya. Erat terikat tanpa bisa dilepaskan oleh siapa pun kecuali diriku. Begitu pun denganmu. Jiwaku tertaut erat padamu. Mungkin terlalu erat hingga sesak terasa dan membuatku seringkali merasa tercekik.

Dan ada saatnya di mana aku tak mampu lagi mengikuti jejak langkahmu yang terlalu cepat. Kamu menyeretku melewati berbagai jenis halang rintang tanpa menengok ke arahku sedikitpun. Kamu terus berjalan semakin cepat hingga nyaris berlari. Aku mengikuti langkahmu hingga telapak kakiku berdarah. “Tolong berhenti sejenak, sayangku. Aku penat…” pintaku setengah menghiba. Kamu menggeleng, “Maaf, sayang… Aku tidak bisa. Masih banyak yang harus aku kejar dan kerjakan.” kamu berujar sambil terus berjalan semakin cepat.

Akhirnya aku terjatuh seorang diri. Aku bisa merasakan tautan jiwaku merentang, memanjang sedikit menarikku untuk segera berdiri lagi dan menyamai langkahmu. Tapi aku tak sanggup lagi. Aku tetap diam terduduk sambil menatap sosokmu yang kian menjauh. “Berhentilah sejenak, sayangku. Tunggu aku!” aku mencoba berseru padamu. Kamu berhenti sejenak, menoleh ke arahku dan berkata, “Maaf, sayang. Aku tak bisa membuatnya menunggu terlalu lama untukku. Aku sudah kehabisan alasan. Sudah terlalu sering.” jawabmu sambil meneruskan langkahmu meninggalkanku.

Aku menatap sosokmu yang semakin menjauh. Tautan itu semakin meregang dan menyakiti jiwaku. Aku terdiam sejenak sebelum akhirnya mengeluarkan sebuah belati. “Selamat tinggal, sayangku. Mungkin memang lebih baik jika jiwa kita tak saling bertaut…” aku berbisik pelan sambil menebas tautan yang menghubungkan jiwaku denganmu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s