Selamat Malam, Durjana…

Malam ini bulan purnama bersemu biru. Persis seperti hatiku yang mulai lebam dan membeku. Dingin. Aku tak tahu ke mana perginya rasa hangat yang biasanya datang menjalari dan mencairkannya. Kepalaku mengabut. Isi kepalaku menghitam. Dan ketika aku berkaca, aku tak bisa mengenali perempuan yang balik menatapku dari dalam cermin…

Aku dan perempuan di dalam cermin itu saling menatap. Apakah aku selalu terlihat seperti itu? Rasanya tidak. Aku tidak cantik. Perempuan itu juga tidak cantik, tapi ada sesuatu di matanya. Entah apa, aku tak tahu. Tak bisa mendefinisikan sinar yang tersorot keluar dari sepasang mata yang menatapku tajam. Menghakimi.

Aku masih berdiri di depan cermin, seperti berharap perempuan dalam cermin itu akan beranjak pergi dan tergantikan oleh bayanganku sendiri. “Jangan mimpi!” tiba-tiba perempuan dalam cermin itu berkata seolah tahu apa yang berkelebat di dalam rongga kepalaku. Aku terkejut. Bibirnya menyungging senyum sinis. Dahiku berkerut sedikit. “Siapa yang mimpi?” sanggahku sedikit bersungut-sungut. Perempuan itu memutar kedua bola matanya. “Aku tidak kenal kamu!” ujarku lagi. Perempuan itu tertawa kecil dengan nada sinis dan sedikit mencemooh, “Memangnya aku peduli?” jawabnya sinis.

“Siapa kamu?” tanyaku akhirnya. Perempuan itu menatapku lurus-lurus, “Really?” hanya itu yang keluar dari mulutnya. Aku mengangguk. “Kamu bukan aku.” sambungku. “Whatever.” jawabnya sambil memutar bola matanya lagi. “Siapa kamu?” aku mengulang pertanyaanku lagi, kali ini dengan nada suara sedikit lebih keras. “Durjana.” jawabnya pendek sambil tersenyum sinis. “Well, kalau begitu…” aku berkata sambil menarik nafas sejenak lalu melayangkan pukulan ke arah cermin di hadapanku, memukulnya hingga retak. “Selamat malam, Durjana…” ujarku masih dengan tangan terkepal dan darah mengucur dari buku-buku jari tanganku.

Leave a Reply

